PT. CAP Bagikan 1000 Bibit Pohon Mangga



Bertempat di Kampung Kalentemu Barat RW.01, Kelurahan Samang Raya, Kecamatan Citangkil, Cilegon pada Kamis 9 Februari 2017, PT. Chandra Asri Petrochemical Tbk bersama LSM Rekonvasi Bhumi dan Forum Komunikasi Pemuda Kalentemu Barat melakukan pembagian seribu batang bibit pohon mangga untuk dilakukan penghijauan diwilayah tersebut. Acara yang mendapat sambutan antusias warga ini dihadiri oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemkot Cilegon Ujang Iing, juga dihadiri Camat, Lurah, pengurus RT – RW, dan tokoh masyarakat setempat beserta ratusan warga Kampung Kalentemu yang terdiri dari para bapak, ibu dan anak-anak.

Program  Chandra Asri Peduli berthema Konservasi dan Pembangunan Cadangan Makanan Berbasis Rumah Tangga dibuka dengan penampilan lagu islami kesenian daerah oleh ibu-ibu setempat. Sebelum dilakukan penyerahan pohon secara simbolik, beberapa sambutan, diantaranya disampaikan oleh ketua FKP Kalentemu.

“Mewakili para pemuda dikampung ini, saya mengucapkan terima kasih kepada pihak PT. Chandra Asri yang telah memberikan perhatian dan kepedulian atas persoalan lingkungan di kampung kami, dimana kampung ini adalah salah satu kampung yang berdampingan dengan kawasan pusat industri di Kota Cilegon. Kami berharap, kepedulian ini akan terus berlanjut demi kelestarian lingkungan hidup”. Demikian sambutan Zaenudin,ketua FKP Kalentemu Barat.

“Sebagai salah satu industri yang berada di wilayah Cilegon yang berdekatan dengan pemukiman warga, khususnya kampung Kalentemu, kami berusaha untuk terus peduli terhadap masyarakat sekitar. Salah satu kepedulian yang sering kami lakukan adalah pada persoalan lingkungan hidup. Untuk saat ini kami memberikan seribu batang bibit pohon mangga dan bibit tanaman sayuran, semoga bermanfaat bagi kelestarian lingkungan. Untuk bibit sayur semoga dimanfaatkan warga untuk menjadikan halaman rumah menjadi lebih produktif dengan menanam sayuran”. Ucap Abraham Sinakrawan, selaku manager CSR PT. Chandra Asri Petrochemical.

Dalam sambutannya, pengurus RW.01 Kalentemu mengucapkan terima kasih atas kepedulian PT. Chandra Asri, dia berharap kepedulian seperti ini juga ditiru oleh perusahan lain yang berada di wilayah sekitar Cilegon untuk peduli terhadap lingkungan, sehingga tak terdengar lagi adanya persoalan masyarakat yang mengeluh  tentang pencemaran lingkungan. Persoalan lain yang disampaikan pengurus RW adalah soal rekruitmen tenaga kerja lokal. “ Kami berhara, selain soal lingkungan, perusahaan juga peduli terhadap tenaga kerja local di Kampung Kalentemu. Kami akan berikan tenaga kerja terbaik yang tak kalah kwalitasnya dengan tenaga kerja dari luar kampung Kalentemu” Harap pengurus RW 01.

Setelah diakhiri dengan sambutan Walikota Cilegom yang disampaiakan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Cilegon, Ujang Iin, acara dilanjutkan dengan pemberiaan secara simbolik seribu batang bibit pohon mangga dan bibit sayuran yang diterima oleh perwakilan warga, pengurus FKP Kalentemu dan tokoh warga. Selanjutnya diikuti penanaman pohon diarea lapangan terbuka sekitar yang merupakan tanah wakaf dengan luas lapangan sekitar seribu meter persegi.

Diketahui, PT. Chandra Asri adalah salah satu industri semikal nasional yang berada di Cilegon. Perusahaan ini merupakan perusahaan yang memiliki kepedulian terhadap kelestarian lingkungan di  Cilegon dan sekitarnya. Beberapa kegiatan yang pernah dilakaukan pada periode sebelumnya adalah penanaman sepuluh ribu batang mangrove di pantai sekitar pelabuhan Karangantu, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Banten. Hal ini, berdasarkan komitmen lingkungan akan terus dilakukan dengan program lainnya yang terkait dengan kelestarian lingkungan. Khususnya wilayah Cilegon dan sekitarnya. (MangRipin)




No comments:

Post a Comment

Pages