Peringati Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia AQUA Caringin Launching Program Konservasi Kehati Cikaracak di Desa Cinagara, Caringin, Bogor.

 


Sebagai upaya konservasi flora dan fauna lokal serta penghijauan lingkungan sekitar pabrik, PT Tirta Investama (AQUA) Plant Caringin melakukan soft launching Program Konservasi Kehati Cikaracak yang bertepatan dengan Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia di area curug Cikaracak, Desa Cinagara, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor. Kegiatan ini dilakukan dengan penandatanganan dukungan Program Konservasi Kehati oleh perwakilan dari beberapa pihak yaitu Kepala Bidang Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor, Staff Ahli Sekretaris Daerah Bogor, Forum Koordinasi DAS Cisadane Hulu, Sekretaris Camat Caringin, Kanit Pol PP Kecamatan Caringin, Sekretaris Desa Cinagara, Kelompok Tani Hutan Jagaraksa serta SR/CSR Manager PT Tirta Investama (AQUA) Plant Caringin.  Setelah itu dilakukan simbolisasi penanaman pohon dan penebaran bibit ikan di sungai yang terhubung pada Daerah Aliran Sungai (DAS) Cisadane Hulu pada Rabu (22/05/2024).

Sebagai program perintisan, maka rencana kegiatan awal yang akan dilaksanakan oleh PT TIV (AQUA) Plant Caringin adalah melakukan inventarisasi flora dan fauna serta kondisi ekologi yang disusun pada baseline study yang dapat digunakan sebagai data awal area Konservasi Keanekaragaman Hayati Cikaracak Desa Cinagara Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor. Selain itu juga dilakukan imbauan untuk tidak merusak, mengambil dan mengganggu flora dan fauna di area Konservasi Kehati Cikaracak.

PT. TIV (AQUA) Plant Caringin yang diwakili oleh CSR Manager Abdullah Firdaus dalam sambutannya menyampaikan bahwa Program Konservasi Kehati ini merupakan komitmen PT Tirta Investama (AQUA) Plant Caringin bersama Senyum Untuk Negeri dalam mendukung upaya peningkatan kualitas lingkungan hidup dan keanekaragaman hayati. Program ini juga dilakukan untuk mendukung pemerintah dalam mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainability Development Goals pada tujuan ke 13 yakni “Penanganan Perubahan Iklim” serta tujuan ke 15 mengenai “Ekosistem Daratan”.

Sementara itu, perwakilan Kelompok Tani Hutan Jagaraksa, Hendar mengatakan, keberadaan keanekaragaman hayati yaitu Curug Cikaracak di Desa Cinagara beserta ekosistem sekitarnya sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. "Karena kami sangat membutuhkan dan merasakan dampaknya sehingga kita perlu sama-sama menjaga lingkungan karena ketika lingkungan itu terjaga, kita juga yang akan merasakan manfaatnya seperti sektor wisata, pertanian, perikanan dan lain lain," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Bidang Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor Achmad Samudra mengucapkan terima kasih kepada para pihak yang telah ikut mendukung program ini, khususnya kepada PT. Tirta Investama (AQUA) Plant Caringin yang berupaya bersama masyarakat untuk melakukan konservasi. “Pemerintah, masyarakat dan komunitas lokal, organisasi non pemerintah, anggota parlemen, dunia usaha dan individu mesti didorong untuk menyoroti cara-cara yang dilakukan dalam mendukung implementasi dari Keanekaragaman Hayati. Setiap orang mempunyai peran untuk dimainkan, oleh karena itu kita menjadi bagian dari rencana. Merawat keanekaragaman hayati adalah upaya untuk menjaga dan melestarikan berbagai kehidupan di bumi, termasuk hewan, tumbuhan dan mikroorganisme serta ekosistem tempat mereka hidup. Keanekaragaman hayati ini sangat penting karena berfungsi sebagai penopang utama ekosistem yang sehat dan berkelanjutan”, kata Achmad.


Suatu Ekosistem sangat penting untuk menunjang aktivitas sehari hari manusia, namun tidak semua masyarakat Indonesia mendapatkan akses terhadap lingkungan yang lestari. Oleh karena itu, PT. Tirta Investama (AQUA) Plant Caringin menginisiasi Program Konservasi Kehati Cikaracak, yang mana program ini digaungkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup yang diselenggarakan untuk menyelamatkan berbagai spesies tumbuhan asli/lokal yang memiliki tingkat ancaman sangat tinggi terhadap kelestariannya atau ancaman yang mengakibatkan kepunahan.

Staff Ahli Sekretaris Daerah Bogor Deni Himaedi yang turut hadir pada kegiatan Launching Program Konservasi Kehati Cikaracak juga mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini.  “Pada Hari Keanekaragaman Hayati Internasional ini, mari kita memperkuat kembali komitmen kita untuk melindungi dan melestarikan keragaman kehidupan yang kaya di Bumi. Dengan menjadi bagian dari hal tersebut, kita dapat menjamin masa depan yang berkelanjutan bagi diri kita sendiri dan generasi mendatang” ungkap Deni.

No comments:

Post a Comment

Pages