PT Asahimas Hibahkan Mangrove ke Pemkot Serang



KASEMEN – PT Asahimas Chemical menghibahkan 10.000 mangrove yang ditanam di pesisir teluk Banten, tepatnya di Muara Kali Banten Cengkok, Kelurahan Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang. Penyerahan secara simbolis dilakukan langsung oleh Presiden Direktur Asahimas kepada Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kota Serang, Rabu (16/7).
Sekadar diketahui, penanaman ribuan mangrove tersebut merupakan kerjasama PT Ashimas Chemical dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Rekonvasi Bhumi, sebagai upaya untuk mencegah abrasi di teluk Banten.
“Ini merupakan bentuk kepedulian asahimas terhadap peningkatan lingkungan hidup di Indonesia,” ungkap Presdir PT Asahimas dalam bahasa inggris.
Ia berharap ribuan mangrove yang ditanam tersebut dapat mencegah kerusakan lingkungan yang lebih arah lagi. Ia juga yakin dari dana cost social responsibility (CSR), phaknya dapat berpartiipasi lebih banyak lagi. “Selain di teluk Banten kami juga berpartisipasi dalam pencegahan kerusakan lingkungan di Kawasan Konservasi air Rawa Dano,” ujarnya.
Sekretaris BLHD Kota Serang, Bunyamin yang mewkili kepala BLHD mengatakan, penyerahan tersebut merupakan sebuah pengharagaan. Sehingga kedepannya pihaknya akan terus memonitoring agar ribuan mangrove tersebut agar bias tumbuh dan berkembang dengan baik.
“Awalnya saya tidak tahu jika di Muara Cengkok ini juga ditanami mangrove. Karena biasanya kami menanamnya di tempat yang lain. Tapi kami sangat berterimakasih atas penyerahan ini,” ungkapnya.
Di tempat yang sama, Direktur Eksekutif LSM Rekonvasi Bumi, Np Rahadian menegaskan, kerjasama yang dilakukan PT Asahimas dilakukan selama dua tahun, yang akan berakhir pada oktober tahun ini. “Nilainya Rp150 juta untuk penanaman dan pemeliharaan,” ungkap lelaki yang biasa dipanggil Nana itu.
Dijelaskan Nana, sebelum ditanami mangrove, lahan tersebut kondisinya sangat memprihatinkan karena berisi tumpukan sampah yang berasal dari laut dan sungai. “Jadi kita menanam di atas sampah. Dan kami berharap ribuan mangrove yang kita tanam ini bias memfilter lebih banyak lagi racun,” jelasnya.
Dalam 10 tahun terakhir, sambung Nana, di pesisir teluk Banten pihaknya sudah menanam sekitar 100 ribu batang mangrove. Ia berharap semakin hari kualitas lingkungan di teluk Banten semakin baik.
“Ribuan nelayan dari 15 kecamatan menggantungkan hidup di teluk Banten. Jika ini tidak kita jaga, maka jangan heran jika mereka akan kehilangan mata pencaharianya nanti,” jelasnya.


Sehubungan dengan telah selesainya penanaman mangrove sebanyak 10.000 (sepuluh ribu) batang kerjasama  PT. Asahimas Chemical dengan LSM Rekonvasi Bhumi di Muara Kali Banten Cengkok Kelurahan Banten Kecamatan Kasemen Kota Serang, maka bersama surat ini kami meminta kesediaan Pemerintah Kota Serang, dalam hal ini Badan Lingkungan Hidup Daerah Kota Serang untuk meresmikan dan menerima hasil penanaman tersebut.

No comments:

Post a Comment

Pages