Tema Hari Kesehatan Dunia 2021

 



Kabarbhumi.org., - Kerabat Bhumi, Hari Kesehatan Dunia yang diperingati setiap tanggal 7 April digelar setelah diadakannya First Health Assembly pada tahun 1948 dan resmi menjadi hari internasional pada 1950. Tujuannya tidak lain adalah untuk menciptakan kesadaran tentang tema kesehatan tertentu dan menyoroti bidang prioritas yang menjadi perhatian World Health Organization (WHO).

Selama 50 tahun terakhir, WHO banyak menyoroti masalah kesehatan penting seperti kesehatan mental, perawatan ibu dan anak, serta perubahan iklim. Tema Hari Kesehatan Dunia tahun 2021 ini adalah building a fairer, healthier world for everyone atau membangun dunia lebih adil dan lebih sehat bagi semua orang. WHO dalam rilisnya menulis bahwa di Hari Kesehatan Dunia ini, pihaknya menyerukan tindakan untuk menghilangkan ketidakadilan kesehatan sebagai bagian dari kampanye global selama setahun untuk menyatukan orang-orang membangun dunia yang lebih adil dan lebih sehat.

Kampanye ini lebih banyak menyoroti prinsip konstitusional WHO yang tidak lain adalah bisa menikmati standar kesehatan tertinggi adalah salah satu hak dasar setiap manusia tanpa membedakan ras, agama, keyakinan politik, kondisi ekonomi atau sosial. Menurut WHO, kondisi dunia saat ini masih belum setara. Kesenjangan kesehatan bukan hanya tidak adil tetapi juga mengancam kemajuan yang terjadi hingga saat ini dan berpotensi memperlebar kesenjangan ekuitas. Ketimpangan kesehatan ini dapat dicengah dengan strategi yang lebih memperhatikan pemerataan kesehatan terutama bai kelompok paling rentan dan terpinggirkan.


Selamat Hari Kesehatan Dunia, Kerabat Bhumi.

No comments:

Post a Comment

Pages