Hari Ozon Internasional 2021



Kabarbhumi.org - Kerabat Bhumi, sejumlah bahan kimia yang umum digunakan ternyata bisa merusak lapisan ozon. Halokarbon adalah bahan kimia di mana satu atau lebih atom karbon dihubungkan dengan satu atau lebih atom halogen (fluor, klor, brom atau yodium). Halokarbon yang mengandung bromin memiliki potensi penipisan ozon (ODP) yang jauh lebih tinggi daripada yang mengandung klorin.  Bahan kimia buatan yang telah menyediakan tetraklorida dan bahan kimia yang dikenal sebagai halon, klorofluorokarbob (CFC) dan hidroklorofluorokarbob (HCFC).

Konfirmasi ilmiah mengenai penipisan lapisan ozon mendorong masyarakat internasional untuk membentuk mekanisme kerja sama dalam melindungi lapisan ozon. Hal ini kemudian diformalkan dalam Konvensi Wina untuk Perlindungan Lapisan Ozon yang diadopsi dan ditandatangani oleh 28 negara pada 22 Maret 1985. Pada September 1987, Protokol Montreal tentang zat yang merusak lapisan ozon pun disusun.

Tujuan utama  Protokol Montreal adalah untuk melindungi lapisan ozon dengan mengambil langkah-langkah untuk mengendalikan total produksi global dan konsumsi zat-zat yang menghabiskannya, dengan tujuan akhir untuk menghilangkannya berdasarkan perkembangan pengetahuan ilmiah dan informasi teknologi. Kelompok bahan kimia diklasifikasikan menurut keluarga kimia dan tercantum dalam lampiran teks Protokol Montreal. Protokol Montreal mensyaratkan pengendalian hampir 100 bahan kimia, dalam beberapa kategori. Untuk setiap kelompok atau lampiran bahan kimia, Traktat menetapkan jadwal untuk penghentian produksi dan konsumsi zat-zat tersebut secara bertahap, dengan tujuan untuk menghilangkannya sepenuhnya.

Jadwal yang ditetapkan oleh Protokol Montreal berlaku untuk konsumsi bahan perusak ozon. Konsumsi didefinisikan sebagai jumlah yang diproduksi ditambah yang diimpor, dikurangi jumlah yang diekspor pada tahun tertentu. Ada juga pengurangan untuk penghancuran yang diverifikasi. Pengurangan persentase berhubungan dengan tahun dasar yang ditentukan untuk zat tersebut. Protokol tidak melarang penggunaan zat-zat terkontrol yang ada atau yang didaur ulang di luar tanggal penghentian.

Ada beberapa pengecualian untuk penggunaan penting di mana tidak ada pengganti yang dapat diterima, misalnya, dalam inhaler dosis terukur (MDI) yang biasa digunakan untuk mengobati asma dan masalah pernapasan lainnya atau sistem pencegah kebakaran halon yang digunakan di kapal selam dan pesawat terbang.

Pada tahun 1994, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa memproklamirkan 16 September sebagai Hari Internasional untuk Pelestarian Lapisan Ozon, memperingati tanggal penandatanganan, pada tahun 1987, Protokol Montreal tentang Zat yang Merusak Lapisan Ozon.


Selamat memperingati Hari Ozon Internasional, Kerabat Bhumi.



No comments:

Post a Comment

Pages